Itachi Jarod 04

Go,…

Topeng

Posted by JackQ on March 7, 2008

PARA TOPENG

 

(SANDIWARA INI DI SESUAIKAN)

SANDIWARA DI MULAI DENGAN SUARA BUNYI ALAT MUSIK YANG ADA KESAN TRADISIONAL KLASIK MSUPUN MODERN YANG SALING BERSAHUTAN PANJANG MEMBUAT SUASANA AGUNG HIKMAT : SEMACAM UPACARA SEBUAH KELAHIRAN DUNIA INI.

 

 

BABAK 1

ADEGAN 1

 

1.TOPENG I : (SUDAH ADA DI PANGGUNG NAMUN BERUPA ONGGOKAN TAK BERGERAK DAN TAK KELIHATAN MANUSIA)

2. MC I & II : (MASING-MASING DENGAN GAYA DAN BENTUKNYA YANG TAMPAK MEWAKILI UJUT KETIMURAN DANBARAT, ANTARA LAMA DAN BARU,KLASIK DAN MODERN MEREKA BERDIALOG MEMBUKA ACARA ATAU BERCERITA YANG BAGUS PERMULAANNYA DAN MAKIN LAMA MAKIN BEREBUTAN)

3. MC II : Sebuah cerita.

4. MC I : Alkisah

5. MC II : Nun disebuah tempat.

6. MC I : (NYANYI) Nun jauh disana…… ketika ……

7. MC II : Yang jelas tampak kasat mata namun dipegang jangan kaerna memang tak bisa di pegang.

8. MC I : Jauh dimata dekat dihati. Dunia tidak seluas daun keladi. Tua-tua keladi makin tua menjadi-jadi . Duilah ini pantun .Pantun jenaka jangan masuk hati tapi jangan juga masuk telinga kiri keluar kanan . Anggap saja siaran hiburan sepanjang hari.

9. MC II : Rekan pendengar sahabat di udara harap simak baik-baik lakon ini.Tak ada waktu yang paling berharga dibanding seksama melihat tontonan ini. Harus ada kerjasama yang baik antara penonton dan pemain . Saya yang di tonton dan…..(SENYU MELEBAR) Malu ah…

10.MC I : Singkat kata panjang rasa maka segal yang ada yang ada dihadapan anda sekalian akan merupakan sebuah hajatan yang layak dinikmati. Ambil sesuai kebutuhan . Bagikan kepada yang memerlukan .Kirim bantuan untuk saudara-saudara kita yang sedang mendapat musibah . Bencana alam ,bencana krisis pangan ,krisis sosial ,krisis politik jangan terlambat.

11.MC II : (BAR API API) Always late. Moral crisis,mental crisis.(PANJANG MELENGUH) Cultural crisis !!!

Hap hap hap…one two one two one (SEPERTI MENGAJAR SENAM IRAMA) ya tekuk leher,tekuk pinggang,lipat kiri lipat kanan lipatkan semuanya jadi money ..ya money..two one two one.Tu an tu an tuan tuan maney londry ya menerima segala any macam loundry termasuk money politik,nilai tukar money changer nya halal ditanggung tidak luntur sebab uang money nya asli bukan aspal,asli tapi tapi palsu. Ini asli dan tidak palsu lipat kiri lipat kanan. Soal lipat pat gulipat itu garapan harian. Semua bisa kita lipat secepatnya. Come on. Come in. Come back maning. Ya satu eh one two one two ….(ASIK DENGAN SENAM ANEHNYA)

12. MC 1 : (MAJU MENDEKATI MC II SAMPAI KEWAJAHYNYA DEKAT SEKALI.MELOTOT TAJAM) Kalau bicara gentian.Ini bukan zaman monopoli lagi non.

13. MC 11 : (TAK MAU KALAH MAKIN MOLOTOT JUGA ) Ini zaman persaingan secara transparan. Bebas menawarkan jasa. Siapa yang menarik dialah yang yang untung. One two one two(PINGGANGNYA SAJA YANG SENAM)

14. MC 1 : Barsaing ya bersaing tapi secara adil.

15. MC II : (BERGELORA) Yesssss. Justice. Social justice. Rule of law. Yes! human right Okey banget deh.

16. MC 1 : MAKIN CEPAT DIALOGNYA BAHKAN TAK JELAS KATA- KATANYA JUGA TAK APA APA)

Sebagai manusia kita memeng sering melupakan apaq yang di ucapkanya dalam bahasa asing tadi. Oleh karenanya kita akan melaksanakan dan bukan mengucapkannya terlebih dalam sandiwara ini yang intinya adalah kesulitan bicara. Padahal Cuma bicara tapi memang bicara sedang ngetrend., semua bicara semua buka kata semua buka kartu,semua komentator, pidato,bicara ya pokoknya omong, pokoknya masuk Koran,masuk televise, masuk angina,masuk tokoh, laris pembicara sana sini situ terserah pokoknya ngomong terus …..(BICARA TERUS TENTANG SOAL “BICARA” )

17. MC II : (KETIKA MC 1 SAMPAI PADA KATA SEMUA BICARA MAKA MC II MULAI BICARA BERSAMAAN DENGAN MC 1 ) The show must go on. Let us say what I can do for you for me for this country for any body forever for any yes because I stand here for for acting yes…..oiiiii exercise, exposition ,expressionist,extremist,extra parliament,parody, one two one two one two,talk talk ,Nato. No action talk only …. Heboh heboh heboh….This story ,this is,this……hs hi hu hueee….(BICARA SAJA TERUS TENTANG “BICARA”)

(SEMUA BICARA BERSAMAAN .SERU DAN SALING UNJUK DIRI UNTUK MENANG DALAM BICARA.IRAMA SEMAKIN NGAWUR DAN SEMAKIN KERAS)

18. MC I & II : (MENDADAK BERUBAH NYANYI SEMANGAT SEKALI)

Maju tak gentar membela yang benar……

(TAK PERNAH BERUBAH HANYA ITU DI ULANG-ULANG TERUS DAN SALING BEREBUTAN SALING DAHULU MENDAHULUI DENGAN BERBAGAI MACAM SUARA ANEH- ANEH)

(BERHENTI MENDADAK DAN STATIS LALU DENGAN SUARA YANG BERBEDA SEKALI)

Ladies and gentleman ,tuan tuan dan puan puan ,sanak kadang para sedulur, yang sebangsa dan setanah air dan juga yang tidak sebangsa dan sekulit.Ladies ang gentleman ,this is The mask….para topeng….. (Disesuaikan)..

(MASING-MASING MENUTUP MULUT YANG LAIN DENGAN TANGAN)

19. MC I : Keluar!

20. MC II : Out !

21. MC I : Keluar !!!!

22. MC II : Out !!!!

(MAKIN CEPAT SALING MEMERINTAH DAN TETAP MASING-MASING BERTAHAN)

23. PENJAJA : (MENJERIT DARI JAUH) Keluar out.Ouuuuuuut Keluaaaaaaar!.Keluar Ot. Ot ot Keluar lu.

24. MC I & II : (SETELAH DIPERINTAH DENGAN HALUS MASING-MASING KELUAR BERSAMA TAPI KEMUDIAN BERLAINAN ARAH KARENA TIDAK ADA YANG MAU SAMA)

 

ADEGAN 2.

 

24. PENJAJA : Disuruh keluar saja susah banget .(OMONGANNYA MAKIN TAK JELAS DAN SAYUP SAYUP TERKESAN NGEGRUNDEL) Emangnye siape gue,di pencet habis lu baru tahu,nyahok tak berpesan habis manis sepah dibuang buangan sumur bau buset dah.Ngomong ngomong …… Halllo halloooo….yes (HP) Yes I am.Yes wait a minute. Yes just walking in the rain (NYANYI) Hallo (SUSAH BANGET BUKA TELEPONNYA) Yes ada…yes always okey,yes of course.Okey always deh. O,okey okey banget You want…what ? Very expensive? Oladalah….Udelmu itu bau….No no no ….This is cheap… yes yes… cheap and sip deh gitu,susah banget .Ada emas perak tahan banting. Gold,,yesss,metallic, one for you one for you one for ye one for ik…haaaa? I already … with my mask….I…I…I…Yes happy..happy mask..Mask happy….Happy birthday happy anniversary,for me,for you,for my city,metropolitan city…horeee….

(MACAM-MACAM KATA ULANG TAHUN SIAPA DAN APA SAJA ASAL MENARIK DAN MEMANG SEDANG TERJADI)

(MUSIK MASUK AGUNG DAN SANGAT MERUBAH SUASANA KEARAH TOPENG I YANG SUDAH AKAN MULAI BERGERAK)

 

ADEGAN 3

 

25. TOPENG I : (MASIH BELUM PAKAI TOPENG. COSTUME KE TIMURAN – KELASIK-TRADISIONAL )

Ia melihat dirinya, melihat sekeliling,atas ,bawah.Ia senyum sendiri.Ia tertawa tapi tak ada suara.Ia melempar sesuatu dan mencoba memberi makna pada lemparannya itu.Ia menyanyikan lagu tanpa kata ,lagu tradisional yang sangat melangit. Ia bicara tentang dirinya .Tentang suasana batinnya.Tapi sangat sulit sekali mengeliarkan setiap huruf dari mulutnya sehingga hanya bergerak bibir tapi seperti siksaan yang muncul.dan setiap kesulitan kemudian terhenti statis dan lalu tertawa sendirian,geli sendiri,matanya kesana-kemari tak jelas mau lihat apa. Ia merasa sendirian dan yakin setalah memeriksa keadaan tak ada siapa-siapa maka kembali Ia ingin bicara tentang keadaan yang sesengguhnya dirinya.Sulit tetap sulit sekali.Tapi akhirnya Ia berhasil memunculkan kata yang hanya berdiri sendiri-sendiri kata sebagai ungkapan tentang keadaan zamannya yang sangat actual tentunya.

Misalnya : Chaos…. Chaos… Amuk am am…..aaaaaaam… Migo…Migren… Am Am mrik mrikki…

Ia kesal sekali.Ia marah sekali.Ia meronta menggeram.mulutnya monyong hendak menyebut sesuatu New new new……Nyungsep…New kol…Koloni…Kolaborasi…Kolonialis…new new nyukollusionisasiberalisensinoeralisentral. Oooooo……… Ia menyanyi kembali sangat melantur.

Ia menggerutu dengan segala segala aneka kata yang memang tidak jelas didengar namun bisa dirasakan betapa ada kegelisahan , Kemangkelan ,kekesalan ,yang sangat substandtive sehingga menimbulkan suara yang sangat menyentu pendengarannya. Gerak batin inilah yang harus kuat dalam diri pemainnya. Ia bisa mewujudkan segala unek-unek yang menekannya yang memang t erjadi pada dirinya, bahkan mungkin saja dari sang pemain yang sebenarnya.

 

ADEGAN 4.

 

26. PENJAJA : MENDEKATI TOPENG I BERUSAHA MENDENGAR YANG DIUCAPKAN.

27. TOPENG I : SEGERA BERHENTI DAN STATIS JADI PATUNG.

28. PENJAJA : (MENAWARKAN TOPENG) mau ? mau topeng mas? Murah dan halal. Dilindungi undang-undang. Jadi….(BICARA DALAM BAHASA YANG SERBA ANEH YANG INTINYA MENAWARKAN TOPENG) sulit. Very difficult. Stupid. Rabbit. Togel,tongpes tongseng tomhawk tomohok hok cok mok rok kondor rom bokor cor bor…(BICARA SEMAKIN CEPAT)…Yes..topeng.mask mask mask mask mask………(SAMBIL MENGHILANG)

ADENGAN 5.

29. TOPENG I : kembali ia mengeluh lelah menjadi patung. Ia mengelus wajahnya. Topeng ia senyum dan : “My face… wajah… face…wajah…face…wis yo wis….”

Ia kembali bicara yang tak jelas dan makin tinggi makin cepat. Ia gembira berani melihat dirinya. Ia kesenangan dan berlarian sekeliling. Ia bicara dengan apa saja dan siapa saja di sekelilingnya sesuai dengan lamunannya. Bisa saja ia bicara dengan penonton yang ia tangkap sebagai patung-patung saja. Sambil bicara selalu ia katakan bahwa orang itu adalah dia jadi semacam melihat dalam cermin saja. “You are…..I am… You……”

Ia berkelana di sekitar ruang yang luas namun kurang bebas baginya. Ia berhenti secara gradual ketika ada suara musik menggema.

ADEGAN 6

30. TOPENG II : Dengan peralatan musik muncul. Tampa costume mewakili budaya modern-barat .

ia menyanyi menari bahkan bisa cepat menyuarakan dirinya ditengah kegalauan orang modern. Ia berlagak. Ia bergaya. Ia juga ingin menjadi dirinya. Sangat tehnologik, terkadang kaku bagai mesin. Tapi ia manusia dan ia mau bicara juga tentang dirinya. sulit berkata juga dan akhinya hanya dengan alat musiknya menghentak hentak suasana. Dicoba lagi bicara dan sulit lalu menghentak dengan musiknya lagi. Begitu seterusnya sehingga jadi mesin tehnologi saja laiknya.

31. TOPENG I : Masih dalam kegalauannya. Bicara dengan siapa saja atau lebih kena adalah apa saja sehingga diluar dirinya adalah sekedar objek saja. Benda mati. Tak pernah peduli dengan jawaban objeknya.

Ia ambil tempat dipanggung dan pidato ber api api agar orang memilihnya.

32. TOPENG II : Mendadak sontak pidato sanggat teratur dan menawarkan ketokohannya.

33. TOPENG I : Setiap yang lain pidato ia jadi statis. Baru pidato lagi.

34. TOPENG II : begitu juga yang dia lakukan. Perbedaan ada pada suara dan bentuk acting.

ADEGAN 7

35. PENJAJA : (MASUK CEPAT. MENJAJAKAN TOPENG SEPERTI BIASANYA. MELETAKKAN TOPENG BERJAJAR.)

cheap. Cheap. Murah meriah. Ayo saying anak saying love grand father, grand mother, imigran gelap, ayo ini bukan topeng bajakan, big sale. Big is strong. Strong is power. People power. Mask mask mask mask……(SAMBIL MENGHILANG)

( SEMENTARA ITU TOPENG I DAN II STATIS)

 

 

ADEGAN 8.

36. TOPENG I : Ia mengucapkan nama nama kerajaan yang pernah besar. : Mojopahit. Mataram. Sriwijaya. Singasari. Gajahmada. Senopati. Ken Arok.

37. TOPENG II : iapun mengutarakan Negara Negara yang super power lama : Roma, Yunani, Mesir, India, China Alexander The Gtreat, Yulius Cesar, Cleopatra, Dynasti Ming.

40. TOPENG I : Ia menyanyikan lagu gending tradisionil yang halus

41. TOPENG II : Menyanyikan lagu modern yang sangat energik.

42. TOPENG I : Semakin riuh dengan lagunya, permainan not dan sebagainya mengenai lagu nyanyian.

43. TOPENG II : Juga melakukan hal yang sama namun dalam konteks kemodernannya. Energik. Aneh dan tehnologi.

44. TOPENG I : Membunyikan musik tradisional. Bisa juga alat klasik. Unik . aneh. Menyayat. Menusuk.

45. TOPENG II : Membunyikan alat musik modern. Aneh. Unik. Menyentak. Menggebrak. Menonjok.

46. TOP I & II : Bergantian dan lama lama saling ingin menguasai dan beradu cepat beradu kuat sampai akhirnya berjalan mundur dan bertabrtakan masing masing terkejut. Mereka memegang tangan yang lain. Heran. Aneh.

47. PENJAJA : (MASUK CEPAT DAN AMBIL TOPENG TOPENG ) Wah bisa hancur ini barang. Barang saya keras lunak empuk…Ah pokoknya enak dan nyaman dipakai. Ciluuuuuup……

48. TOP I & II : Baaaaaaa…….mereka lalu berusaha mengenali tangan tangan yang mereka pegang.

49. PENJAJA : Aduuh (TERPELANTING DAN TERJEREMBAB LALU MERANGKAK EXIT)

50. TOP I & II : Pelan dan saling menenggok dan ketika tepat saling melihat wajah lawannya maka segera terloncat menjauh malu sekali menutup mukanya. Masing masing segera mengambil topengnya dan dengan upacara sebenarnya dan kilat memakainya setelah mematut matut dirinya maka dengan gaya yang sangat berbeda dengan aslinya sesuai dengan topengnya maka mereka saling berhadapan kini.

51. TOPENG : Haaiiii. (MENYAPA DENGAN ADAT TIMUR ATAU TRADISI LAMA)

52. TOPENG II : (MENJAWAB DENGAN LAMBAIAN GAYA BARAT ATAU MODERN ATAU KEKINIAN)

Kemudian mereka saling menyapa sangat akrab sekali dan bicaranya sangat cepat dan sangat monumental. Antara tawa dan gerak sering aneh jadinya. Bicaranya sekali waktu memang keluar juga kata-kata yang ada hubungannya secara faktual dengan saat dimana pegelaran ini diadakan. Ini penting sebagai satu teriakan atau kritik terhadap suasana yang sedang terjadi yang tentunya lebih mengarah kepada kehidupan buruk rakyat banyak. Suatu saat saling tunjuk dan saling pegang telunjuk tapi terlunjuk tangan lain ganti menunjuk. Ketika menunjuk atau menuding itulah banyak kata-kata yang tepat sebagai ungkapan kemarahan terhadap masa kini yang lebih bersifat kelemahan yang manusiawi seperti : “INTRIK- AMUK- PROVOKATOR- EGOIS- RAKUS- TAMAK- NARCISTIS- NARKOTIK”.

Maka dengan gaya bentuk action yang halus bersahabat namun hentakkan kata-katanya sangat berlawanan dan terkesan ingin menguasai secara mental.

53. TOPENG I : (penuh amarah akhirnya) Huya huya keleker mener mener wer wer…

54. TOPENG II : (juga penuh amarah akhirnya) Huk huk huk ou ou oaaaak oaaaaak (sangat binatangis)

55. TOP I & II : Terus saja saling menunjukkan kekuatannya. Suara mesin lawan peralatan lama. DLL.

Ketika mereka makin menjauh dan tetap dengan amukan dirinya.

56. PENJAJA : (MUNCUL TEPAT DIDEPAN TOPENG I)

57. TOPENG I : Tanpa rencana memaki walau bukan ditujukan ke penjaja. “ Sontoloyo monyet “

58. PENJAJA : (MENJERIT DAN LARI MENGHILANG)

59. TOPENG II : Mengira Topeng I menjerit maka iapun menggeram sambil berkata bahwa ia tersinggung dan sangat marah.

60. TOP I & II : Makin dekat dengan kursi dan ketika sama-sama melihat kurfsi mereka terkejut. Lalu saling bertatap muka dan kemudian tanpa ada yang memerintah mereka berlarian menuju kursi. Sama-sama mau duduk tapi tentu saja tiak bisa berdua. Saling melihat. Saling senyum malu. Mundur sedikit. Saling menyilahkan duluan untuk duduk. Saling menolak. Suatu saat mereka mau duduk tapi kembali tak bisa duduk. Lalu malu-mamlu menyilahkan. Saling tidak melihat dan saling kakinya atau tangannya pegang kursi. Pokoknya kesannya sebenarnya masing-masing mau duduk. Saling berusaha menipu namun saling waspada. Mendadak saling berebutan kursi sekuat tenaga, bahkan mungkin saja sampai bergulingan.

(PADA PUNCAKNYA SUARA MENGGELEGAR MENGERIKAN, MENAKUTKAN, MEMBUAT MEREKA LARI SECEPATNYA JAUH-JAUH. KURSI TERANGKAT TIDAK TINGGI TIDAK PENDEK)

Mereka berada diantara penonton. Merka berbincang dengan penonton. Mereka bicara asyik sekali. Dan bila memang ada respond an memungkinkan bisa diajak ke panggung ikut menambah suasana adegan secara spontan tersebut. Entah apakah akan ikut pemain atau melawan pemain atau mau bicara sendiri atau apa saja yang terjadi secara spontan yang tentu diusahakan untuk tetap pada hal-hal yang aktual.

ADEGAN 9

61. PENJAJA : (KETIKA PENGGUNG KOSONG IA MASUK DAN MENGHITUNG DUIT PENDAPATAN. IA BISA NYANYI YANG ADA KATA-KATA “DO IT” YANG DIJELASKAN DENGAN KATA DUIT IA HERAN MELIHAT KURSI TERGANTUNG. TAPI TAK PEDULI DAN DUDUK DIBAWAHNYA)

ADEGAN 10

62. TOP 1&2 : Bila memang ada yang bisa diajak ke panggung maka adegan ini adalah adegan dimana para topeng akhirnya menyuruh penonton tersebut mendudki kursi. Bila lebih satu yang ikut ya kursi harus di adakan sejumlah yang ikut naik. Tapi masing-masing topeng berbisik agar tetap mengingat dirinya . berbisik agar semua keputusannya menguntungkan mereka . berbisik mempengaruhi. Berbisik. Tapi kalau tidak ada penonoton yang ikut ya tentu saja sang penjaja yang dijadikan tokoh tersebut.

63. PENJAJA : (JIKA ADA ORANG IKUT NAIK KEPANGGUNG, IA SEGERA MMEMAKAI TOPENG APA SAJA YANG TERSISA DARI JUALANNYA . IA INGIN TAHU APA YANG TERJADI . TAPI IA DIUSIR OLEH MEREKA TENTUNYA . DAN IA SEGERA MENYINGKIR KE TEPI SAMBIL TERUS MENGINTIP DAN MENGHITUNG UANG.YANG TADI DAN DIULANG-ULANG SAJA)

64. TOP1&2 : Mengusir si penjaja dengan kata-kata yang tak bermakana kecuali suara mengusir. Dan yang paling akhir adalah :People, no way man…..

kembali mereka saling ingin menguasai sang tamu. Mereka berebutan dan akhirnya saling menarik sang tamu . Apapun yangterjadi maka haruspandai menyiasati sang tamu dan memberikan respon terhadap apa yang terajadi dengan sang tamu.

Sang tamu terlepas dan mereka berdua saling baku hantam dengan berbagai senjatanya yang serba aneh unik baik yang tradisional dan modern.

65. PENJAJA : (BURU-BURUMENYELAMATKAN SANG TAMU DAN DIAJAK DUDUK BERSAMANYA)

66. TOP1&2 : Peperangan tak ada yang unggul. Lemas damn lelah. Sakit. Akhirnya saling berjatuhan. Maka mereka mau tidur saja. Saling mengatur tempat tidur. Tempat tidur mereka tentu saja berbeda antara modern dan tradisional.Namun akhirnya btidur juga.

Sibuk memukuli nyamuk. Tenang dan ngorok akhirnya bersahutan saling tak mau kalah. Ada yang menggganjal mukanya lalu bangun dan melepas topengnya dulu. Lalu tidur lagi. Pada saat memuncak ngorook maka mereka saling melempar kata “MIMPI dan DREAM” bergantian and kadang bersamaan. Bisa kata apa saja asal aktual.

ADEGAN 11

67. TOP 3 : (SURANYA SAJA TERDENGAR MEMBUNYIKAN GAMELAN ATAU MUSIK TRADISIONAL)

68. TOP 4 : (SUARANYA SAJA MEMBUNYIKAN MUSIK MODERN TENTUNYA. SANGAT BERBEDA DENGAN TOPENG 3)

69. TOP1&2 : Terganggu tiddurnya. Bagun tiba-tiba.Ngelindur. Dan bersamaan dengan munculnya topeng 3&4 tidur mendadak lagi.

70. TOP 3&4 : Muncul megejutkan dan masing-masing dengan musik dan tariannya . intinya adalah menunjukaan kehebatan ekspresinya yang paling jujur dan bersih melepas bebas. Rasa bangga, agung,egois, dan seterusnya mewarnai pemuncualn masing-masing . Top 3 dengan kekuatan kehalusan roh dalamnya dan top 4 dengan kekuasaan lahir yang mendominasi ruang dan waktu sangat menteror. Saling bergantian. Setiap yang satu bunyi maka yang lain statis. Makin cepat dan makin bersamaan dan lalu saling berebut melalui gerak dan bunyi yang semakin menggelagar mertusak menteror mendobrak melepas sebebas-bebasnya dalam keparauan jeritan urakannya. Dan puncaknya bertabrakkan dan langsung saling melihat dan segera mamakai topeng cepat sekali. Top3 mewakili sebuah kultur dari timur baik kostum dan segala penik-perniknya .Klasik juga,gaya lama, tradisional. Top 4 tekesan zaman serba modern, sangat berani modenya, menarik membuat decah yang melihat . Warna yang berani walau terkesan semuanya menempel tanpa perhitungan layak atau tidak serasi atau tidak dsb. Maka basa basi pun muncul seperti layaknya wanita . Kontradiksi bisa muncul setiap saat. Misalnya ketika top3 bergaya halus maka top 4 keras dan kasar. Jika top 3 kasar dan cerewet maka top 4 halus bagai wayang kuno. Begitu juga gerak-geriknya. Jadi unsur asal beda,asal berlawanan sangat dominan. Celoteh tentang asesoris, tentang kostum yang mana saling mengunggulakan asal daerah dimana mereka beli . Ketika sampai sepatu maka tak sengaja top 4 menginjak kaki top 3 yang membuat top3 marah besar .

71.TOP3 : Marah dan mengumpat.Merasa sangat tehina. Tersingung besar.

72.TOP 4 : Tersinggung karena enak saja dimarahi tanpa tahu salahnya . Ia membalas sejadi-jadinya . Sewot. Amarah gaya anak muda pada zamannya. Cuek asal ngoceh.

73. TOP 3&4 : Sampai puncaknya mereka saling mengejek adat masing-masing , mengejek gaya, pemikiran,kebebasan, apa saja bisa muncul tapi usahakan yang filosofisnya mengena untuk zamannya. Terlebih kepada gaya hidup wanita yang kurang muncul mandiri dan gender.

74. top 3 : Teriak”Caaaaak”

75.TOP 4 : Menjawab juga teriak”Caaak”!

76. TOP 3&4 : Saling menjawab dan sampai akhirnya menari kecak dalam gaya teatral.

77. PENJAJA : Danger.Danger. Awas bahaya laten……..Danger….No smoking.

78.TOP 3&4 : Makin semagat tariannya . Kecak tradisi dan kecak modern bertemu.

 

ADEGAN 12

79.TOP 1&2 : Bangun seperti mimpi terikut kecak. Sama juga kecak modern dan tradisional.

80. PENJAJA : Yaaaa tarik ulur terus . Lets go……(IKUT SAJA KECAK ANEH BERSAMA TAMUNYA)Setiap puncak akan dihentikan dengan suara perintah :”Tiiiiiiiii!”oleh salah seorang pemain .

81. TOP 1&2 : Terjatuh tidur kembali seperti sedia kala.

82. TOP 3&4 : Lemas. Atur nafas dengan gaya masing-masing dan tetap penuh gaya aneh dan berlebihan.

83.PENJAJA : (TERDUDUK KEMBALI BERSAMA TAMUNYA )Uuuuuuh body language campur body building. And than ……..This is body contes.(SAMBIL MELEMAS BICARANYA )

84. PEMAIN : (TERIAK MEMBERI PERINTAH) Caaaaaak……..

85. SEMUA : (LANGSUNG KEMBALI CAAAK ANEH-ANEH MUNCUL DAN SALING TIDAK MAUKALAH GESIT ATAU KALAH GAYA BERBAGAI PERINTAH MUNCUL SEPERTI “Cuk” ATAU “Cik” ATAU “Cek”.

BISA BERLANJUT BERANEKA TENTANG CAK CUK CIK CEK YANG MENGENA DANGAN HAL-HAL ZAMANNYA SECARA TERSIRAT.

86. PEMAIN : “Tiiiiiiiiii”

(PERINTAH INI BISA BERULANG DAN JUGA PERINTAH CAAAK MUNCUL DAN SEMAKIN CEPAT SEHINGGA YANG MAU ISTIRAHAT KEMBALI MENARI BEGITU SETERUSNYA. AKHIRNYA SEMUA JADI IKUT BERKATA CAAK DAN TIII TAPI MAKIN MELEMAS. ROBOH.

87. TOP 2 : TERUS DENGAN SEMANGAT CAAAK TIIIII SENDIRIAN.

88. PENJAJA : (LEMAS JUGA BERSAMA TAMUNYA )ah sinting . Mad.Stres.Norak. Ayo kita come on . (MEMBAWA TAMUNYA KELUAR DATI ARENA MAIN)

 

ADEGAN 12

89. MC 1&2 : (MUNCUL CEPAT DAMN MENGEJAR PENJAJA DENGAN TAMUNYA)Lho mau dibawa kemana itu???????

90. MC 1 : Ada main ya?

91. MC 2 : (GAYA ANEH DAN DIBUAT-BUAT TAPI UNIK BIKIN GEMAS)

Thief.Thief!!!Hijack.Pirated.Pirated cd.!!

92. MC1 : Tangkap!Bakar.Makar.

93.MC 1&2 : BERDUA KEDAERAH PENONTON DAN AKHIRNYA RIBUT SAMA PENJAJA DAN KALAU MEMUNGKINKAN AJAK JUGA SANG TAMU BERDEBAT. TANYA APA MASIH SENANG IKUT MANGGUNG ATAU LETIH ATAU TERSERAH ANDA PEMAIN. PANDAI-PANDAILAH BICARA TAPI CEPAT DAN AKHIRNYA TAK JELAS KATA-KATANYA SEMUA.

94. MC 1 : Jadi OK. (SENYAP SEMUA )Begini saja . (LARI KE PANGGUNG)

95. MC 2 : (LARI KE PANGGUNG JUGA DAN BERADA DIUJUNG DEPAN.)

Now, I stand here. And than………

96. MC1 : Menimbang : adegan lemas. Pemain lemas. Yang satu teller. DLL dsb etc etc

Maka memutuskan :

97. MC 2 : Time out.!!! (MANTAP DAN TEGAS)Till we meet again at …..(sebutkan jam yang betulan )

Bye.Bye..bye…bye…bye…….(TERIAK KE TATA LAMPU )

Hai, man …….black out. Bye bye bye bye …black out (DENGAN GAYA PENYAYI ROCK GILA)

(LAMPU MATI DAN INTERVAL.KALAU PERLU INTERVAL.KALAU TIDAK MAKA SETELAH DIALOG MC 2 TINGGAL MENYURUH MELANJUTKAN MAIN)

 

BABAK KEDUA.

ADEGAN 1

1. SUARA : (ADEGAN DIMULAI DENGAN SUARA-SUARA PEMAIN YANG MENYURUH SIAP. RIBUT DAN TAK JELAS KATA- KATANYA SEMUA KECUALI BEBERAPA HAL YANG PERLU DIJELASKAN)

2. MC 1&2 : (TELAH BERADA DITEMPAT SEMULA SEPERTI AKHIR BABAK 1.LAMPU KEARAH MEREKA. MASIH STATIS.SUARA-SUARA DIBELAKANG LAYAR MASIH RIBUT)

3. PENJAJA : (DUDUK MELONGO SAJA DITANGGA DEPAN DEKAT MEREKA SAMBIL MENGHITUNG DUIT LAGI. TAK PEDULI KIRI KANAN)

4. MC 2 : Jangan ribut. Please be quiet.Quiet please!! (BARU TERDIAM DAN PEMAIN SIAP DI TEMPAT MASING –MASING . TOPENG 1 LANGSUNG MALAKUKAN GAYA TERAKHIRNYA) Thank you. (GARANG)

5. MC 1 : Ribut saja tak ada habis-habisnya. Mau main ribut . enggak main ribut.Rbut sudah jadi mode mutahir. Dimana-mana ribut . Salah senggol ribut . Lapar ribut .Uang palsu ribut .Uang sumbangan ribut . Ribut. ribut . Bicara ribut. Kapan selesainya????

6. MC2 : Noisyt. You too. Lighting .Camera. Audience ready, one two one two one two one two tuan tuan puan puan pemain ……….Actiooooooon. (SERAK-SRAK PENYAYI ROCK. MENYAYI LAGU KERAS BERTIGA)

7. TOP 2 : (KERAS SEKALI CAK DAN TINYA DILANJUTKAN)

8. MC 1&2 : (SEPERTI TERLEMPAR MENGHILANG CEPAT SEKALI. SAMBIL MENJERIT ATAU TERIAK TERKEJUT)

 

ADEGAN 2

9. PENJAJA : Ehhh, sudah main . (MENGHITUNG ) Seratus, cepe, seribu, juta, miliar, triliun,juta dolar, pinjaman, bantuan, hibah, infak, sedakoh, ……..

10. TOP 2 : Ngemis…..

11. PENJAJA : ( TERKEJUT DAN LATAH ) Ngemis…ngemis… ngen\mis .. eh..ngemis..mis..(LARI HILANG)

ADEGAN 3

12. TOPENG 2 : (KERAS TAPI LEMAS DAN SLOW MOTION JATUHNYA TERKAPR)

13. TOP 3&4 : Bangun cepat dan membuka topeng. Ia senang dengan topengnya. Gemas. Dirangkul. Dipeluk yang membuatnya bangga sekali mampu menjadi yang lain dari dirinya.

 

ADEGAN 4

 

13. TOP I & II : Bangun dari tidurnya. Kesal. Terganggu mimpinya. Tiba-tiba ketemu pandang dan kaget lalu cari topeng dan segera dipakai. Mulai lagi amarah keluar karena merasa diganggu. Saling tuduh mengganggu. Masing-masing bersiap akan beradu fisik.

14. TOPENG I : Melangkah dan melihat topeng 4 ia kaget. Lalu lari kearah semula.

15. TOPENG II : Yang juga melangkah bersamaan topeng 1 dan ketika melihat topeng 3 kaget dan lari kearah semula. Semua ini dilakukan bareng dengan Topeng I.

16. TOP III & IV : Tertawa terpingkal dengan alasa masing-masing soal topeng- topengnya.

17. TOP I & II : Mereka saling bicara tapi tanpa suara. Lalu masing-masing mendekati Top III dan IV. Lalu kembali dan bicara lagi tanpa suara. Memeriksa lagi tapi tukar arah. Kembali lagi dan saling menceritakan kehebatan body Top III dan IV dengan di lebih- lebihkan.

18. TOP III & IV : Masih dalam ketawa yang tanpa suara. Bentuk aneh-aneh tentunya untuk meng expose tawa.

19. TOP I & II : Berunding untuk membagi dari pilahannya. Tapi terkesan kalau masing-masing mau dua-duanya. Sifat kemaruklah yang muncul.

Mereka ingin mengucapkan kata cinta. Bingung. Tanpa suara. Berdebat. Mau berkelahi.

20. TOP III & IV : Tertawa keras sekali tepat ketika Top I dan II mau berkelahi.

21. TOP I & II : Jadi berangkulan karena terkejut sangat. Lalu bermaafan. Salaman. Bersatu dan kemudian menyatakan kata cinta bersamaan. “ I love You”.

22. TOP III & IV : Kaget sekali. Lalu buru-buru pakai topeng. Lalu saling melihat dan buru-buru merangkak bertemu di tengah. Berpegangan saat kuat.

23.TOP I & II : Berbagai kata I Love You muncul sampai yang terakhir paling keras.

24. TOP III & IV : Hanya bingung saja ketika mendengar yang paling keras maka terucap: “ Hiiiiio virus “.

25. TOP I & II : “I loveeeeee You.

26. TOP II & IV : Idiiiiih virus ih. Bikin eror. “ Genit sekali mengucapkannya.

27. TOP I : I Love You virus.

28. TOP III & IV : Berdiri dan menjauh. Saling Tanya. Lalu saling senyum. Ada kesan setuju Tanya penonton. Lalu dengan siap seperti akan berlari atau lompat terjun renang. Salah satu memberi aba-aba dan kemudian start lari ke Top I dan II secara mengujut dan teriak sekuat-kuatnya: “Yes!!” Kembali ketempat semula sambil cekikan.

29. TOP I & II : Terjatuh dan kesakitan. Pusing kepala.

30.TOP I : Sadar da ingat jawaban tadi “Yes”. I Love You. Yes.Yes.Yes.

31. TOP II : Yessss!!. Ia teriak sekuatnya dan mengejutkan.

32. TOP I & II : Berdiri kaget terlocat.

33. TOP III & IV : Menutup Telinga ketakutan.

34. TOP I & II : Berunding dan senang sekali. Dan bertanya setelah I love You dan yes lalu selanjutnya.

Salah satu menemukan tawaran yang sangat tepat menurut perkiraannya. Ia berbisik. Kawannya membelalak senang takjub dan manggut-manggut. Lalu bersama-sama: “ Kiss”

35. TOP III & IV : Tadinya sering melirik-lirik kearah Top I dan II yang sedang berunding. Dan ketika mendengar tawaran kiss jadi serem. “ Haaaaah ?” disurakan dengan tangga nada makin tinggi dan makin lucu.

36.TOP I & II : Menjawab dengan kata kiss juga dengan tangga nada menurun.

37. TOP III & IV : Saling menunjukan tidak mau. Ada jijik. Ada ngejek. Geli dan sebagainya.

38. TOP I & II : Terus mendesakan tawaranya dan iming-iming nikmat.

39. TOP III & IV : Berunding. Bingung. Tanya kesana kemari. Yes or No. Rame sekali. Sementara desakan terus berdatangan. Akhirnya dapt kesimpulan menuju ke Top I dan II dengan gagah genit.

40. TOP I & II : Siap menerima dengan berebutan tempat dimuka.

41. TOP III & IV : Sudah dekat dan lalu sekuat tenaga menolak: “ No.!!”.

dengan genit merasa menang dan kembali ketempatnya.

42. TOP I & II : Melongo. Heran. Tak mengiran. Lalu sekuat tenaga juga menjawab: “Yes.!!”.

ADEGAN SELANJUTNYA SALING MEMPERTAHANKAN DENGAN KATA “ NO” DAN “YES” DENGAN BERANEKA BENTUK DAN SUARA.

43. TOP I : “ Because…..?”.

44. TOP III & IV : “Because……Because…..”

Berunding cepat sekali dan menjawab lagi: “ Because…..No” .

45. TOP I & II : “ Yes”.

46. TOP III & IV : “Because?”

47. TOP I & II : “Yes because yes”

48. TOP III & IV : “No because no”

ADEGAN SELANJUTNYA SALING MEMPERTAHANKAN DAN MENDESAKAN.

MEREKA BERKEJARAN MERUANG. MELUAS. SALING CARI BANTUAN PANGGUNG KOSONG SESAAT.

TOP III DAN IV MUNJUL.LELAH KELIHATANNYA DAN TERTAWA SENANG TELAH MERASA BERHASIL MEMAINKAN LAWANNYA.

SEPI SEBENTAR.LALU TOPENG III & IV MENCARI TOPENG I & II. TIDAK ADA. LALU SALING BERTANYA. SALING MENYALAHKAN SOAL NO BECAUSE NO TADI. SALING MENGEJEK KENAPA JADI SEDIH. LALU BERTERIAK GENIT MEMANGGIL TOPENG I & II. TIDAK ADA JAWABAN

ADENGAN 5.

 

49. PENJAJA : Topeng topeng. Laris manis tanjung kimpul. Habis gelap terbitlah terang. Ada di tolak tak ada di tangisi. Mask mask mask. Halo mister, ladies. Mask mask. Setali tiga uang. Mask mask. Zaman berubah, rezim, orde ganti tapi masknya tetap, system…yah. Mask mask…..

50. TOP III & IV : Sedih. Menangis tapi dibuat buat dan tak mau kelihatan jelek.

51. TOP I & II : Dari jauh. “ I Love You……here”

52. PENJAJA : Buset. Kaget. (LARI CEPAT) Eh masih in the mood…..Hiii….ember

53. TOP I & II : Here I Love You.

54.TOP III & IV : Kaget senang. Lalu dandan. Siap di tempat. Ribut. Cerewet sekali. Bersih bersih diri. Tempat.

55. TOP I & II : Sudah muncul berdiri tegak dan lalu :
”I love Youuuuu.” Suaranya memanggil mesra.

56.TOP III & IV : Duduk membelakangi mereka. Menjawab genit pasrah : “Yesssss”

57. TOP I & II : Mendekati top III dan IV. Lalu tangannya mulai berusaha memegang wajah top III & IV . ketika berhasil kaget sendiri dan segera manarik tangannya

58. TOP III & IV : Terkejut dan mengeluarkan teriakan kecil sambil berputar arah dan wajah ke depan.

59. TOP I & II : Mengulangi kembali aksinya. Kaget lagi tapi lama kelamaan berani dan terus mengusap wajah Top III dan IV. Top I ke Top IV dan Top II ke Top III. Yang tradisi ke modern.

60. TOP III & IV : Juga mulai mengusap wajah TOP I & II. Mula mula geli tapi lama lama berani. Mereka saling gemes gemesan sampai akhirnya menyakiti dan TOP II & IV teriak kesakitan.

61. TOP I & II : Menjauh menjadi segaris dengan TOP III & IV.

62. TOP III 7 IV : Masih mengusap-usap wajahnya.

63. TOP I & II : Membuka topengnya. Wahjahnya yang asli beda sekali dengan wajah topeng baik bentuk serta expresinya. Sangat nyata perbedaan yang nyata lahir dengan yang dalam batinnya. Lalu mengcapkan kata “kiss” sambil mengacungkan topengnya ke arah lawan jenisnya.

64. TOP III & IV : Berbenah diri, membuka topengnya dan mengarahkan ke lawan jenisnya. Wajah juga sangat berbeda dengan expresi topengnya.

65. TOP I & II : Berjalan miring seperti angin menuju TOP III & IV, dan ucapannya : ”kiss” sampai di TOP III & IV akan menempelkan topeng ke topeng lawan. Tidak kena dan saling mencari. Sampai akhirnya kena dan keras bunyi topengnya wajah mereka kesakitan semua.

66. TOP III & IV : Juga kesakitan, tapi mencoba lagi, setiap kena kesakitan.

ADENGAN INI BERLANJUT HINGGA MAKIN BERGAIRAH TOPENGNYA TAPI WAJAHNYA SEBALIKNYA PENUH KESAKITAN DAN TEKANAN BATIN SEBAGAI UNGKAPAN TIDAK SATUNYA KATA DAN PERBUATAN ATAU TIDAK SATUNYA KATA DAN PERBUATAN ATAU TIDAK SATUNYA HATI DAN PIKIRAN… JADI GERAK TANGAN DENGAN WAJAH HARUS BERBEDA DAN TAMPAK JELAS. BEGITU DASYATNYAAKHIRNYA TERPENTAL DAN JATUH SEMUANYA TERKAPAR SEPERTI HILANG NYAWA ATAU PUAS NIKMAT.

ADENGAN 6

67.PENJAJA : (MASUK DAN LALU MENGAMBIL TOPENG-TOPENG YANG JATUH)

ADEGAN 7

68. TOPENG V : (BISA SATU ATAU DUA YANG MAIN. KALAU DUA MAKA DIBUAT MENYATU, MISALNYA SALING TERIKAT TANGAN ATAU KAKI ATAU PINGGANG. SELURUH GERAKANNYA ADA SALING TARIK- MENARIK. KENTARA BAHWA MENJADI SATU TIDAK MUDAH. COSTUME ADA TRADISI KUNO-KEKUATAN LAMA-KEKUATAN BARU-MODERN- TERCANGGIH-RAKSASA- BUDOSER-TIRAN-DIKTATOR- SUPER POWER DSB)

Suaranya menggeram menggelegar berdentum halilintar, pemecah kesunyian, pendobrak, perusak, monster. Tepat disuarakan ketika penjaja selesai mengambil topeng topeng. Topeng V pu muncul dengan loncatan yang sangat dahsyat. Bergerak bergetar seluruh tubuhnya.

69. PENJAJA : (GEMETARAN. TAK BISA MELANGKAH. KAKU. MULUTUNYA KOMAT KAMIT ENTAH BERDOA ATAU NGOMEL,,)

70. TOPENG V : Berteriak mengerikan. Melangkah tegap dengan langkah besar besar dan dengakulnya tinggi bila mengangkat kaki. Selalu mengeram saja. Unik aneh menyakitkan.

71. PENJAJA : (KETAKUTAN LUAR BIASA. TOPENGNYA BERJATUHAN. BAHKAN MILIKNYA JUGA JATUH. LALU IA PUN TERJATUH KAKU TEPAT BERSAMAAN DENGAN GERAMAN TOPENG V)

72. TOPENG V : Tertawa meledak cekikan dan sangat serak ngeri.

73.SEMUA : Para topeng terbangun kaget. Saling melihat dan saling tunjuk wajah ingin memberi tahu bahwa wajah wajah tak bertopeng. Lalu masing masing memegang wajahnya. Malu sekali mencari topengnya. Dan siap berdiri mau mengambil topeng masing masing.

74. TOPENG V : Melihat semua mau ambil topeng segera mengeram menghentak.

75. SEMUA : Terjatuh. Kesakitan. Malu sekali. Kembali berusaha merangkak mau ambil topeng boleh mengucapkan kata kata:”my mask….my face….topengku….wajahku”

76 TOPENG V : Makin menggelora menunjukan keperkasaannya. Menghalau setiap yang mau ambil topeng. Menendang. Menghardik. Meloncat loncat bagaikan tarian perang primitive melepaskan tembakan senjata otomatis. Meringis menyeringai menghembuskan nafas racunnya.

77. SEMUA : Menjerit ketakutan. Tetapi terus berusaha ambil topeng.

78. TOPENG V : Semakin garang. Semakin ganas. Diambilnya topeng topeng. Dimainkan. Di aduh. Ditiup. Diludahi. Digigit. Detaruh di ketek. Jika pemainnya dua atau lebih maka diusahakan semua dilakukan bersama sehingga ada sebuah gerak yang sama sebangun. Tempo permainan harus diingat jangan sampai lamban sebab sudah mendekati ujung cerita itu emosi tinggi. Tapi tetap unik dan aneh. Sebagai bentuk kekuasaan, ambisi, nafsu, tiran yang sejenisnya yang mendunia.

79. SEMUA : Sangat sakit. Sangat tertekan. Derita siksaan. Jerit tangis berkepanjangan. Bicara sudah tak karuan kata katanya. Gemes. Kecewa. Kesal. Mau bunuh diri tapi dengan telunjuk sendiri tak mempan. Menembak dengan telunjuk tak mempan. Menusuk dengan telunjuk tak mempan juga. Aneh tapi karena tangan kosong menjadi gagal semua.

80. TOPENG V : Menari senang sekali. Bicara pidato berapi api. Kalau berdua ia pidato bersamaan walau tekanan suaranya berbeda. Bahkan terkesan saling berebutan mengatakan dirinya yang paling hebat. Kata kata seperti:”power”, “war” adalah sangat sering diucapkan. Bisa sangat dicari kata kata yang menunjukan kekuasaan dunia yang luar biasa dan sangat menyiksa pihak lain. Terus saja menari semakin gila gilaan dan tak beraturan lagi bahkan saling tarik menarik karena arah berbeda. Malahan mau saling makan sendiri. Dipuncak kegilaannya lalu lari berkeliling ruang dan menarik kursi dan lalu duduk disatu kursi bagai raja kekuasaan dunia.

81.SEMUA : Bangkit dari keterppurukannya secara perlahan. Dan dalam bentuk yang belum sempurna duduknya sudah mencoba melihat diri sendiri. Mencoba mambuka tangan dari menutup wajahnya. Lam kelamaan ada keberanian tidak menutup wajah. Lalu melihat kawan lain malu kembali dan segera menutup wajah dengan tangan. Tapi lalu coba membuka pelan dan malu kembali. Lama lama berani dan saling melihat. Senyum. Duduk tegap sempurna. Semua tangan ke depan menuju satu titik bersama. Pelan mendekat dan tangan bersatu. Kemudiann seperti pemain bola voli atau basket berteriak menyatu sambil melepaskan tangan. Tepuk tangan berirama kusus dan lalu menepuk ke lantai semua. Munculah lagu mainan anak anak yang terasa seperti sebuah mantra. Ada kesan religius.

82. TOPENG V : Kaget. Lalu marah. Mendatangi dan tertawa terbahak bahak. Menggoda mengelitik meniru gerak dan lagu mereka lalu membentak. Menawarkan topeng. Kesal jadinya ketika merasa dipermainkan. Mengeram menjauh. Bersiap akan menerjang. Menggeram panjang dan lalu lari menabrak mereka. Terpelanting seperti membentur tombok baja.

83.SEMUA : Diam tak ada perlawamnan. Gemuruh mantra terus saja.

84. TOPENG V : Marah besar. Mengumpulkan tenaga kembali. Mngucapkan berbagai kata makian yang tidak jelas kata katanya bisa saja ada satu dua yang jelas. Siap siap kembali dari arah yang berbeda. Menggeram panjang dan mengeram sekuat tenaga. Terpelanting lagi tetapi segera bangun dan marah marah.

85. SEMUA : Pelan pelan dan pasti bangkit dan berdiri. Bergandengan tangan seperti demostran. Senyum simpatik agung ramah dan pandangan ke satu titik bersama.

86. TOPENG V : Meliohat hal itu segera bersiap dan langsung melabrak.Terpelinting. bangun. Melabrak. Bangun. Melabrak. Sampai akhirnya tak mampu lagi dan mau bangun tapi jatuh sendiri dan terkapar. Hanya suara raungan pendek-pendek kehabisan tenaga yang terdemgar.

87. SEMUA : Tetap saja tak berubah. Suaranya semaki membesar. Bariton.

88. SATU : Menuju topeng V dan tanpa kekerasan. Tenang ldan halus melepas topeng V. Kalau topeng V dua,atau lebih maka tyang menuju otopeng V disesuaikan saja. Dan semua gerakan sama.

89. TOPENG V : Teriak seperti orang sekarat.habis suara dan gerak ketika topeng terlepas.

90. SATU : Membawa topeng keyagn lain dan membagikannya tanpa memilih milik siapa tadinya topeng sebagai topeng. Lalu semua mengipaskan kedirinya masing-masing. Lagu terus.

91. TOPENG V : Terbangun. Sakit sekali. Menangis. Menutup wajahnya. Lalu merangkak kearah semua dan meminta pembagian topeng. Menyedihkan dan terasa getir sekali. Bisa ada kata-kata yang sangat menyayat. Setelah menerima topeng lalu melihat topeng dan terasa sangat asing karena bukan miliknya. Melihat kelain-lain. Lalu mau memakai, tapi mendengar mantra semakin keras jadi semakin muncul kesadaran baru. Berdiri berjalan dan masuk kebarisan mantra ditengah-tengah.

92. SEMUA : Berjalan kearah dimana ada penonton. Topeng diarahkan kepenonton dengan tangan direntangkan kedepan lurus. Wajah topeng masih kearah pemain. Setelah lurus ke penonton, maka wajah topeng dikibaskan kearah penonton DENGAN MENGEJUT.

93. MC I & II : (MASUK CEPAT). Belum belum selesai. Not yet finish. Maka babak selanjutnya yaitu babk penentu akan disajikan di……

94. MC II : now.the last act……

95. MC I & II : Dalam hati anda, saya, kita semua. Amin. In your heart, mine and…..all of we….. amen.

Daaag…….. bey bey……..

96. SEMUA : (SERENTAK MENYALAMI PENONTON)

“Selesai untuk sementara sandiwara yang tak pernah selesai.”

 

Jakarta 10 juni 2000.

Menggarap karya ini tolong memberitahukan kepada penulis. Ini diperlukan untuk mendapatkan ide baru dan pengarapan anda yang akan bermanfaat bagi karya selanjutnya.

Terima kasih. Kerjalah habis habisan. Amin.

 

Karya ini pertama ditulis tahun 1979. telah dimainkan keliling Australia, Mesir, Romania, Pakistan, Thailand, Korea, Malaisya, Singapura dan beberapa kota di Indonesia.

Ditulis kembali hari ini untuk produksi teater keliling dengan teater tarakanita 1 yang dimainkan di gedung kesenian Jakarta 27 & 28 JUNI 2000. Saya bahagia karena esoknya 29 juni 2000 adalah hari ulang tahun kelahiranku. Terima kasih kawan kawan.

Kan ku ingat produksi khusus ini.

 

SCRIPT SAYA INI PERTAMA DI TULIS HANYA 4 PERAN. KEMUDIAN BERKEMBANG HINGGA SEPERTI YANG ADA SEKARANG INI. NAMUN BILA INGIN KEMBALI KE 4 PERAN MAKA YANG HILANG ADALAH MC I & II SERTA PENJAJA DAN TOPENG V HANYA SATU PERAN.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: